Sabtu, 21 Februari 2015

Hop Up System


Hop Up

HOP UP SYSTEMS:

Sekarang banyak airsoft gun yang ada tanda "hop-Up"-nya di kotak ataupun dilabelin. Mungkin para Ersopter terutama yang masih rookie bertanya-tanya,  apa sih Hop-Up itu? Apa sih enaknya pake sistem itu?

HOP UP
Pada saat ini sudah banyak airsoft yang menggunakan hop up system. Sebenarnya apakah hop up system ini? Berikut penjelasan sederhana tentang hop up system di airsoft.

Hop up system merupakan sebuah mekanisme yang sederhana pada airsoft yang memungkinkan BB untuk mencapai jarak yang lebih jauh.

Cara kerjanya sederhana. Di pangkal barrel dekat gearbox sebelum inlet BB, ditempatkan hop up yang biasanya terbuat dari karet. Karet ini akan membuat semacam "ganjalan" yang terletak persis dibagian atas barrel. Pada saat BB ditembakkan, maka bagian atas dari BB akan menabrak "ganjalan" karet ini sehingga BB berputar ke atas. Dengan demikian muncul momentum energi ekstra yang memberikan BB tenaga tambahan untuk meluncur lebih jauh lagi.


Ada dua versi hop up di airsoft yaitu:

Fixed hopup : Besarnya "ganjalan" karet tidak dapat diatur.
Adjustable hopup : Besarnya "ganjalan" karet bisa diatur. Dengan demikian kita bisa adjust untuk mengkompensasikan dengan berat BB yg digunakan, power dari airsoftnya sendiri serta jarak target.



Seperti disebutkan di atas, dengan adanya adjustable hop up kita bisa mengatur hop up untuk mengkompensasikan dengan faktor lain. Contoh paling nyata adalah pada airsoft DoubleEagle M46 Famas. Airsoft ini dikenal sebagai spring dengan power yang besar. Akibat M46 ini menggunakan fixed hop up maka apabila menggunakan BB kuning yg 0.12, arah BB selalu naik ke atas/melayang (overhopup). Hal ini disebabkan BB yg terlalu ringan, power yg lumayan serta "ganjalan" karet hopup yg terlalu besar. Untuk menanggulanginya, maka digunakan BB yg lebih berat (0.2). Andaikan M46 menggunakan adjustable hopup, maka walaupun menggunakan BB 0.12 kita bisa mengatur hopup agar tidak terlalu besar "ganjalannya" disesuaikan dengan power yg Famas nya itu sendiri sehingga BB tidak overhopup.
Karena hopup ini menggunakan karet, maka apabila hendak membersihkan barrel atau mengeluarkan BB yg stuck di barrel agar berhati-hati. Jangan sampai pada saat dicolok-colok menggunakan sticknya terlalu semangat jadinya malah mengenai karet hopup ini sehingga rusak. Begitu juga apabila membongkar karet hop up, pastikan "ganjalannya" berada pada posisi jam 12 pas, kalau miring-miring nantinya malah BB nya melayang-layang nggak bener.

 Kontak Person Penulis :
- Call/SMS : 08561024224, 087746004000
- WhatsApp : 081282111244
- Pin BBM : 79C65356
- Fanpages : Jajang Sutrisno - Aneka Niaga
- Blogspot : j-airsoftgun.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar